Sharing Printer di CUPS BlankOn Linux / Ubuntu

cups-logoMembuat Printer yang bisa digunakan bersama-sama dalam satu jaringan itu tidak sulit. Kita hanya membutuhkan PC yang dijadikan server dan printernya. Untuk perangkat lunak cukup dengan bantuan CUPS sebagai printer server. Secara baku, paket CUPS sudah terpasang di BlankOn maupun Ubuntu. Mari dilanjutkan. Ada dua macam konfigurasi yang akan kita lakukan:

#Konfigurasi pada server (komputer yang terhubung langsung dengan printer):

1. Lakukan instalasi printer menggunakan driver sesuai dengan jenis printer. Untuk printer Canon bisa merujuk kesini. HP kesini. Setelah terpasang, lakukan test print. *OS BlankOn Rote, juga sudah diuji menggunakan Ubuntu 10.04

2. Buka Internet browser(Firefox) Pada address bar ketikkan http://localhost:631. Login menggunakan username dan password user anda (user OS) 3. Setelah tampil halaman lokal CUPS, klik pada link Administration. Pada bagian Basic Server Settings, klik pada pilihan “Share published printers connected to this system” dan beberapa pilihan (lihat gambar) kemudian klik pada tombol “Change Setting”. Ini akan me-restart server printernya. Sampai tahap ini konfigurasi pada server printer sudah cukup.

#Konfigurasi pada Client (Komputer yang akan ikut menggunakan printer):

Linux (uji coba dengan BlankOn Pattimura dan Ubuntu 10.04):

1. Pastikan driver printer yang akan kita gunakan sudah terinstall, sama seperti yang dilakukan ketika memasang driver di komputer Printing server. Masuk System–>Administration–>Printing Klik “Add printer” / “Add”.

2. Di Window New Printer kolom Select Device pilih Network Printer, dan pilih Find Network Printer

3. Isikan Host, Host yaitu IP komputer server yang terhubung dengan printer, kemudian klik find Jika printer ditemukan secara otomatis port dan nama printer akan terisi sendiri.

4. Klik Forward, dan akan ada kotak dialog untuk pilihan ingin mengetes print atau tidak.

Sampai tahap ini printer sudah siap digunakan dari komputer Client. Lakukan test print. Printer sharing akan tetap jalan asal komputer server dan printernya terus menyala. :D Semoga bermanfaat. Sumber bacaan dan sumber gambar : http://doscom.org/sharing-printer-di-ubuntu/

Regard
Tuan Pembual

About these ads