Open Access, Ideologi, Tokoh.

Aaron Swartz

Mengutip beberapa artikel dari Republika Online. Baru sadar juga, dan baru tau.

“Informasi adalah kekuasaan. Tapi seperti juga kekuasaan, ada orang yang ingin menyimpannya hanya untuk diri mereka sendiri” – Aaron Swartz  “Manifesto”

Kutipan dari ROL

Open Access (OA), atau akses terbuka adalah ketersediaan secara online dan gratis dari konten digital, terutama peer-review artikel jurnal ilmiah dan akademis.

Secara lebih spesifik, OA merujuk kepada aneka literatur digital yang tersedia secara terpasang (online), gratis (free of charge), dan terbebas dari semua ikatan atau hambatan hak cipta atau lisensi. Artinya, ada sebuah penyedia yang meletakkan berbagai berkas, dan setiap berkas itu disediakan untuk siapa saja yang dapat mengakses.

Berdasarkan pengertian itu, maka OA otomatis juga membebaskan hambatan akses yang biasanya muncul karena biaya, entah itu biaya berlangganan, biaya lisensi, atau membayar biaya pay per view (ongkos per satu kali akses) bagi mereka yang enggan berlangganan.

Selain itu, OA juga menghilangkan hambatan yang timbul karena perizinan sebagaimana yang ada dalam setiap karya yang dilindungi hak cipta. Satu-satunya peranan hak cipta dalam bidang ini, seharusnya hanya dalam bentuk pemberian hak kepada penulis untuk menentukan integritas artikel yang ditulisnya dan pemberian penghargaan kepadanya dalam bentuk pengutipan.(ROL, 5 Feb 2013)

Ada beberapa yang harus digaris bawahi

  • Akses terbuka hanya untuk penelitian maupn jurnal yang menggunakan uang publik (pajak)
  • Alasan Open Access bagi sebagian pihak adalah biaya.
  • Efek lain jika Open Access diterapkan secara luas ketakutan perusahaan publikasi review dan jurnal akademis menuju ke jurang kebangkrutan.

Mengenal Aaron Swartz, dialah penemu RSS 1.0, yang dia kerjakan saat berusia 14 tahun, siapa kini yang tidak mengenal RSS. Meninggal diusia 26 tahun, Anak muda yang dianggap “jenius” oleh sebagian orang ini berkontribusi dalam proyek-proyek teknologi, termasuk menjadi bagian dari penemuan RSS, yang kini digunakan oleh jutaan website. Juga temasuk salah satu pendiri Reddit.com. Di hidupnya yang terbilang singkat ini, Swartz sudah cukup banyak memberikan kontribusi untuk dunia, open access, dll, selamat jalan kawan.

Artikel langsung dapat anda baca dari sini :

Reporter : Siwi Tri Puji Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
[0] ‘Open Access’, Ideologi Melawan Kapitalisme Ilmu (1)
[1] ‘Open Access’, Ideologi Melawan Kapitalisme Ilmu (2)
[2] ‘Open Access’, Ideologi Melawan Kapitalisme Ilmu (3)
[3] Manifesto
[4] Kematian Aaron Swartz dan Nasib Gerilya ‘Open Access’ (1)
[5] Kematian Aaron Swartz dan Nasib Gerilya ‘Open Access’ (2)
[6] Kematian Aaron Swartz dan Nasib Gerilya ‘Open Access’ (3)
[7] Kematian Aaron Swartz dan Nasib Gerilya ‘Open Access’ (4)

Redaktur : Taufik Rachman Sumber : antara
[8] Open Access Jungkalkan Monopoli Jurnal Ilmiah

Regard
Tuan Pembual

About these ads