Memasang BlankOn Rote di Macbook

==catatan lain

Kasus saya, macbook white 7.1 intel core 2 duo 2.4 , Ram 2GB

Sebelumnya saya ajukan pertanyaan ini di milis BlankOn,
Jawaban pak mdamt singkat.

  1. Buat partisi dari dalam OSX (kalau mau dual boot)
  2. Siapkan livecd Rote, boot ke situ. Pilih bahasa Inggris dari pilihan bahasa, keluar dari blankon-installer. Bikin partisi pakai gparted kalau mau dibabat
  3. Sunting berkas /sbin/b-i-install-grub, kasih tanda # di semua baris
  4. Pasang paket grub-efi-amd64 dan grub-efi-amd64-bin
  5. Pasang Rote pakai blankon-installer
  6. Pasang grub-efi secara manual
  7. Pasang refit dari dalam OSX (kalo dual boot)
  8. Tertib

waktunya mencoba….
*jreng dan semua tidak berjalan sesuai petunjuk

Permasalahan yang timbul :

langkah 1. gparted tidak mau dipanggil, meski via konsole (saya abaikan, lanjut)
langkah 4. blankon-installer tidak bisa dipanggil setelah langkah 3 selesai.

Cara lain yang saya coba-coba. Urutannya saya balik-balik :

  1. Berdoa
  2. Tambahkan partisi dari dalam OSX menggunakan disk utility, set partisi ke format MS-DOS(asal kebaca saja intinya)
  3. Pasang refit dari dalam OSX, dicoba reboot dulu untuk memastikan sudah berjalan.
  4. Siapkan livecd Rote. Saya menggunakan Rote CD amd64, boot ke situ. Pilih bahasa Inggris dari pilihan bahasa, keluar dari blankon-installer.
  5. Sunting berkas /sbin/b-i-install-grub, kasih tanda # di semua baris
  6. Pasang Rote pakai blankon-installer, jika telah selesai balik ke live cd lg
  7. Pasang grub-efi secara manual
  8. Lakukan grub-update, reboot dan selesai

Referensi galat saya dapatkan dari beberapa sumber berikut:
[0] http://en.gentoo-wiki.com/wiki/Chroot_from_a_livecd
[1] http://forums.debian.net/viewtopic.php?f=16&t=81120

Regard
Tuan Pembual

