Cara Membuat File Iso Linux dari DVD #ngoprekLinux

Kemaren iseng, pengen ngetes virtual os dari jardiknasOS eh,
file isonya g ada. adanya DVD trus gimana?

Kayaknya bisa deh buat .iso dari dvd di linux.
Googling sebentar, dapatnya kayak gini. lumayan simple. dan sukses di tes.
*tapi file isonya belum di lounch, baru instal virtualbox ose*

stepnya kayak gini
Buka terminal, ketikan perintah ini

sudo dd if=/dev/dvd1 of=/home/restu/copt.iso

keterangan

  1. dvd1 adalah nama cdroom saya,

untuk melihatnya pas ngetik /dev/  <–tekan Tab

  1. restu adalah home folder saya
  2. copt.iso adalah nama yang saya kasi, boleh di ganti sesuai keinginan

Tuan Pembual