Cara Memperbaiki Partisi Boot Linux Windows 7 #ngoprekLinux

Saya punya cerita gini,

Kemaren saya nginstall windows, kemudian saya juga menginstall ubuntu untuk membantu pekerjaan keseharian saya.
Maklum windows hanya dipakai untuk ngegame, bukan untuk harian.

Tidak tau mengapa ketika selesai mengintall ubuntu dan mengupdate grub, saya menemukan keanehan.
Saya mendapatkan folder boot dari windows terpisah dari partisinya. Jadinya nyangsang di partisi kosong lainnya. Doh, piye iki?

Saya coba restart dan booting di OS windows. Seperti dugaan saya, partisi tempat folder boot windows berada menjadi terhidden.
Saya booting ulang di Ubuntu. meggunakan disk utility terbaca bahwa memang boot flag terdapat di partisi boot, bukan di partisi windows.

Harus mencari akal. Masak harus install ulang. saya coba ah. Kan logikanya gini. ketika komputer boot, dia akan membaca partisi dimana diseting sebagai boot loader.

Pada kasus saya, boot dibaca pada partisi yang terhiden (misal D:). Kemudian ketika membacanya akan diarahkan untuk menscan partisi windows
karena ada file .bat (file boot loader windows). Ketika membaca partisi windows, secara otomatis juga membaca loading grub.
Masuk deh ke grub loader untuk memilih OS apa yang akan di boot.

Jadi cara yang akan saya pake gini.

1. Pertama boot lewat Ubuntu.

2. Move forder boot beserta isinya semua, dan file yang kira-kira termasuk rombongan boot tadi ke partisi windows.

3. kemudian install gparted.(untuk merubah boot flag)

4. Jalankan gparted.

5. Unmount partisi windows dan partisi bekas folder boot tersimpan

6. Change boot flag, pindahkan dari partisi D: dipartisi windows caranya klik kanan partisi windows, pilih manage flag, pilih boot. kemudian apply. tunggu proses selesai

7. setelah itu buka terminal. ketikan

sudo update-grub

(silahkan edit file /boot/grob/grub.cfg bila anda ingin) itu saja,

semoga membantu

regard linux for human being.
sorry, i m not geek

Tuan Pembual