How install phpmyadmin #ngoprekLinux

Caranya yah gini,..
asumsi menggunakan repo, baik lokal dan internet sama saja…

via terminal

sudo apt-get install phpmyadmin

Once phpMyAdmin is installed point your browser to http://localhost/phpmyadmin to start using it.
You should be able to login using any users you’ve setup in MySQL. If no users have been setup, use admin with no password to login.

Should you get a 404 “Not Found” error when you point your browser to the location of phpMyAdmin (such as: http://localhost/phpmyadmin) this is likely caused by not checking the ‘Apache 2’ selection during installation. To redo the installation run the following:

sudo dpkg-reconfigure -plow phpmyadmin

// yang anda isi adalah sebagai berikut…*ini untuk kasus saya, dengan apache2.tanpa lampp
(tekan tab untuk pindah pilihan)

  • memilih reinstall = yes
  • methode conection = tcp/ip
  • Hostname = localhost
  • Port = 3306 //stndart, anda bisa merubah dengan lainnya
  • user data base admin = root
  • password user(root) = (password data base anda)
  • mysql username = root //buat login phpmyadmin
  • php database name = /nama database, saya kosongin dulu, ntr manual ditambah lagi
  • web server = apache2 (tekan space ubtuk memilih)

konfogurasi
dbconfig-common
*saya mengulangi inputan tadi…
jreng jalan….

Masih ada satu kendala.

ketika saya jalankkan di localhost, ternyata tidak mau login..
googling sana sini.
akhirnya,.

pertama chek masalah.

sudo mysql start

ada pesan error,

no direktori or file /var/lib/mysql bla2 bla2

solusinya ternyata, ya iyalah mysql server saya belum diinstall..
goblok banget nih saya.

sudo apt-get install mysql-server* mysql-server-core*
sudo dpkg-reconfigure -plow phpmyadmin

ikuti cara yang diatas lagi..
slamat menikmati..

Tuan Pembual