Install Nautilus Elementary di ubuntu 11.04 Natty Narwhal #ngoprekLinux

nautilus cutterflow

sumber: 
11 Desember 2011.

Apa sih elementary itu?
Keisengan dari percobaannya radit temen saya ketika presentasi JGOS dihadapan pegawai puskesmas.
Ia menambahkan tampilan seperti priviewnya lagu di i-tunes.

Saya penasaran dan ingin mencoba, namun ketika saya cek, di ubuntu saya koq belum terpasang.
saya sms si radith..
“nama toolnya pa dab?”
cuma dibalas elementary,(doh)
“googling aja”

ya sudah, dengan semangat ngantuk, mulai googling…
ternyata begitu,…
kita mulai saja. Tutorial ini nemu dari sini (link sumber)

1. Pertama menambahkan reponya dari PPA
via terminal

sudo add-apt-repository ppa:am-monkeyd/nautilus-elementary-ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get dist-upgrade

“sudo apt-get dist-upgrade” ini dilakukan karena nautilus elementary memiliki dependesi ekstra lain yang harus diinstall.

2. Kemudain restart nautilus

nautilus -q

Trus, apa sih untungnya nginstall elementari ini.
berikut fitur yang udah saya oprek sedikit.

Tweaks

caranya pilih dari menu Edit>Preferences>Tweaks Tab

Yang dirubah :
enable RGBA transparency (G ngepek ma saya, g tau pasty alasannya)
change the toolbar orientation to vertical
show breadcrumbs for the pathbar (your theme needs to support this) [2]
show zoom slider [3]
show mini view widget [4]

trus, close dan restart tuh nautilus

nautilus -q

cara nyoba…

Pilih menu View, terlihat ada tambahan fitur seperti
ClutterFlow F4
Embeded Terminal F7

Monggo dicoba…

Regard

Tuan Pembual