Libre Writer, Tips Menambah Halaman Baru #libreOffice

Mirror Jgos.or.id

Dalam proses mengetik ada kebiasaan yang sering kali dilakukan oleh pengetik dan kebiasaan tersebut sangat tidak baik karena akan membuat dokumen berantakan jika format kertas atau margin diganti. Kebiasaan itu adalah menekan tombol “enter” terus menerus untuk beralih kehalaman baru.

Beberapa waktu lalu sempat ditemui diberapa Puskesmas kejadian seperti di atas yang menjadi kebiasaan si pengetik sehingga format pengetikan menjadi berantakan ketika format kertas atau margin diganti.

Untuk mengatasi hal tersebut ada dua metode yang bisa digunakan ketika kita ingin berpindah ke halaman baru.

Metode pertama adalah dengan memanfaatkan fitur page break yang ada pada
menu Insert –> Manual Break


maka akan muncul sebuah kotak dialog, pilih Page break pada bagian Type dan pilih [None] pada bagian Style jika anda mengingikan format halaman yang sama dengan halaman sebelumnya.


Jika anda ingin merubah orientasi pada halaman berikutnya dari portrait menjadi landscape maka anda dapat memilih landscape bada bagian Style sehingga hasilnya menjadi seperti ini :

halaman selanjutnya

halaman selanjutnya

Metode kedua untuk beralih kehalaman baru merupakan metode yang sering digunakan karena sangat mudah dalam pengimplementasiannya karena hanya dengan mengunakan tombol cepat (shortcut) Ctrl+Enter. Dengan kedua tombol tersebut yang ditekan  bersamaan anda sudah bisa beralih ke halaman yang baru.

Selamat mencoba.

Regard
Tuan Pembual