Workshop Windows 8 – 30 Maret 2012, Developer Metro #MEC1

Wah pressrelease saya lagi-lagi telat nulisnya, masih males buat cepet-cepet nulis

Kali ini saya berkesempatan untuk mengikuti workshop pembuatan aplikasi metro di windows 8.
Alhamdulillah, berdua bareng Iqbal.

Windows 8 akan menjadi sistem operasi all-in yang akan memenuhi kebutuhan server hingga tablet. Keunggulan Windows 8 tersebut yang paling diminati adalah hadirnya antarmuka Metro. Sebagai antarmuka yang diadopsi dari Windows Phone 7, Metro UI memberikan peluang baru bagi pengembang untuk mengembangkan solusi di atas platform Windows 8 melalui HTML, Javascript, C# dan tentu saja XAML.

Event ini adalah event bagi para inovator muda yang ingin belajar mengembangkan aplikasi di atas platform Windows 8. Event ini akan mengcover tentang

  • Metro Application Framework di Windows 8
  • Memulai Pengembangan Windows 8 dengan HTML dan CSS
  • Memulai Pengembangan Windows 8 dengan C# dan XAML

Antusia saya tertuju pada point-point yang dapat saya tanggkap.

Pertama, saya bukan seles buat promosi.

Kedua. Dalam acara ini sekaligus memperkenalkan tampilan metro yang didesain untuk kenyamanan pengguna windoes mobile dalam darg n dropnya.

Ketiga. Memperkenalkan Aplikasi baru dari Mircosoft, yaitu Visual studio 2010, Edisi terbaru dengan berbagai penyempurnaan. Yang menarik, dan saya baru tau. visual Studio mendukung pemograman untuk Metro dengan Bahsa pemograman yang beragam. Dari Basic, delphi, C#, PHP dan JS. sehingga kemudahan sih bagi pengguna.

Keempat, Semua Program yang kita buat lagi di summit di Bank APlikasi Metro dengan pengenalan Live-ID, Jadi ketika building aplikasi, memang harus login Live-ID. Tanpa itu aplikasi tidak bisa jalan.

Itu adalah sisi unggulnya.
Sisi lemah disini adalah, kesulitan yang saya hadapi.
Login Live-ID saya g bisa digantinya, maskudnya disini adalah, jika Visual Studio sudah pernah didaftarin Live-ID anya dia yang bisa menggunakannya.

Lainnya, jelas saya masih keberatan dengan Lisensi yang diterapkan. Harga di Bhinneka.com masih 11Juta,
Sebagian orang memilih buat beli MacBookPro sudah dapat. Atau cara singgkatnya bajak aja ah..

But, this event is amazing,

Pada akhir acara ditutup dengan perlombaan pembuatan Aplikasi yang berjalan di Metro…
Karena saya g bisa coding, ya sudah liyat orang pada coding aja…
😀
Semoga besok masih bisa ikut acare MEC, Membuka wawasan..
Tautan Luar

Regard
Tuan Pembual