Private Cloud – ITCamp Workshop, 23, 24, 25 April 2012 #MEC3

Dapat tawaran acara ITCamp dari Microsoft, dan dokumentasinya sangat telat dari saya. (*menulis membutuhkah keseriusan lain, #halah alibi)

Workshop selama Tiga hari ini untuk mempelajari bagaimana mengembangkan, mengelola, dan membangun jaringan cloud organisasi melalui teknologi Private Cloud. Agenda pelatihan adalah sebagai berikut

  • Hari Pertama: pada hari pertama mendengarkan para Ahli Cloud Computing di Indonesia tentang persiapan dan pengetahuan apa yang harus disiapkan untuk membangun jaringan Private Cloud. Teknologi seperti Windows Server 2008, Windows Azure, dan juga Hyper-V akan dijelaskan secara rinci di sini
  • Hari kedua : Hari kedua akan melakukan kegiatan praktek membangun private cloud dengan teknologi Hyper-V dan Windows Server 2008 R2. Pada hari kedua ini peserta akan mencoba secara langsung di mesin-mesin virtual yang akan kami siapkan
  • Hari ketiga: Hari ketiga akan melakukan kegiatan praktek pengelolaan jaringan Private cloud dengan menggunakan perangkat lunak System Center Management 2012/ Peserta akan mencoba secara langsung di mesin-mesin virtual yang akan kami siapkan.

Acara diselenggarakan selama tiga hari terbagi menjadi dua batch, dengan komposisi sebagai berikut:

  • Batch 1: Tanggal 23, 24, 25 April 2012 – Bertempat di Kampus 1 Ruang Sidang Fak Science dan Teknologi  Universitas Teknologi Yogyakarta, Lt. 3.
  • Batch 2 : Tanggal 23, 26, 27 April 2012 – Bertempat di Kampus 1 Ruang Sidang Fak Science dan Teknologi Universitas Teknologi Yogyakarta, Lt. 3.
  • Setiap batch dilaksanakan setiap harinya di Pkl 09.00 sd Pkl 16.00 WIB.
  • Setiap batch hanya berkapasitas 40 orang

Saya ikut Batch 1. Acaranya bagus, tapi bikin ngekek juga. Jadi 3 hari itu sebenarnya adalah mendengarkan “Sales” Microsoft mempromosikan produk mereka, dari Visual Studio, Hyper-V, Server 2008 R2, dan semua yang berkaitan dengan Cloud Computing.

Pada hari pertama, peserta Batch 1 & Batch 2 di gabung jadinya rame, dan ternyata….
Peserta yang hadir 50% nya adalah para Jogja Linuxer (Jogxer). dan masing-masing pada bawa seragam linux kebanggaannya. #Doh
Diabsen g ya para Jogxer…

Disela-sela acara hari pertama, malah disempatkan mengadakan rapat darurat Panitia Pelaksana Ubuntu-ID Summit 2012.😀 KPLI, Ubuntu Jogja dan KSL AKPRIND.

Hari Kedua,
Begitu masuk dapat Flashdisk gratis, 16GB coy. #sangar. Setiap peserta juga dapat. Setelah itu, karena judul workshop. maka masing-masing peserta dapat pinjeman Laptop. Lebih sangar. Axio Neon. Intel i7, 16GM RAM, ini gila yak leptopnya. trus udah dipasangi Windows Sever 2008 R2.
Seharian memainkan Hyper-V, produk virtualisasi, seperti Virtual Box menurut saya. G terlalu ngeh saya nya, dan saya merasa biasa saja.

Hari Ketiga, seharian memainkan manajemen virtualisasi tadi, saya sedikit bosan..😀

Studi Banding KPLI Jogja pada Teknologi Microsoft

Akhirnya selesai deh, workshop 3 hari, memeng.
Sedikit dokumentasi.

Pralana Luar
*Pernyataan Saya :
1. Ini bukan bentuk promosi suatu produk.
2. masing-masing merek milik para pemegang hak merek,
3. Tulisan ini dibuat tanpa ada maksud lain kecuali dokumentasi saya pribadi

Regard
Tuan Pembual