Berbagi Pengetahuan #FOSS di SD TROWONO 1

Cerita KKN selanjutnya.

Salah satu program individu saya adalah berbagi pengetahuan tentang FOSS di sekolah-sekolah sekitar lokasi KKN Kec Saptosari.

Temen saya menemukan lokasi di SD TROWONO I. Disini saya menemukam hal baru.
Wah ternyata sekolah-sekolah di Kabupaten Gunungkidul sudah duluan menuju opensource. Mulai dari SD malahan dan distro yang digunakan adalah Opensuse Education.

Hal ini berkat kerjasama Kominfo dengan vendor komputer dalam pengadaan Lab Komputer di sekolah-sekolah. *Jadi ingat jardiknas. Dan komputer bantuan ini langsung dibundel linux didalamnya. Hanya beberapa leptop yang masih mengunakan Windows(bajakan).

Lanut cerita. Dari beberapa teman KKN cerita opensuse bukan hanya di Kec Saptosari, namun juga di beberapa sekolah di kecamantan Panggang, Purwosari. Namun patut disayangakan adalaha kurangnya penguatan kapasitas juru ajar (guru) dalam penggunaan linux, khususnya dalam pengorasian desktop dan aplikasi pengajaran anak didik. Sehingga  butuh tenaga bantuan untuk membantu kendala ini.

Atas dasar inilah kami bersama-sama, saya, @inznankmbg bekerja sama dengan @kslkusuka @fafa_shiro dan pasukan @gerakanJGOS untuk mengadakan platihan penggunaan linux. Materi meliputi pengenalan lingkungan desktop dan penggunaan aplikasi perkantoran dan lain-lain.

Pelatihan ini dilasksanakan sejak Selasa 31 Juli 2012- Kamis, 2 Agustus 2012, dan insyaallah akan dilanjutkan senin besok.

Semoga platihan yang sedikit ini bermanfaat.
Foto kegiatan.

Yuk bareng-bareng terjun ke sekolah di Gunungkidul.

Regard
Gerakan JGOS