Temu Ramah Karang Taruna Jaya Kusuma Singosaren

Temu Ramah  Karang Taruna Jaya Kusuma Singosaren Banguntapan Bantul dengan IPPD(Ikatan Pemuda Pemudi Dondong).


Hari Pertama.

Kamis, 6 September 2012 posko KKN Jetis II. Dusun dondong kedatangan tamu dari Karang Taruna Singosaren. Kedatangan ini untuk memenuhi undangan dari Tim KKN Jetis II dalam acara temu ramah antara Karang Taruna SIngosaren dan IPPD.

Acara penyambutan dilakukan di gedung PAUD Dusun Dondong.
Diawali dengan sambutan dari ketua IPPD Bapak Darmanto. Beliau kemudian menjelaskan keadaan alam dusun Dondong dan kondisi pemuda/i Dondong. Tentang Dusun Dondong yang masih sepi, pemuda yang lebih memilih menjadi perantau, tentang koperasi hasil bentukan IPPD dan lain-lain.

Kemudian berlanjut kepada Mbak Lisa sebagai ketua Karang Taruna Singosaren. Beliau sedikit bercerita tentang desa Singosaren, desa mini berada dalam batas desa dan kota. Kemudian tentang bagaimana perjuangan menyatukan 8 unit Karang Taruna kceil yang ada di Singosaren.

Acara ini juga di hadiri oleh beberapa perwakilan Karang Taruna dari Unit-Unit Desa Jetis Saptosari.

Setelah pemaparan dari kedua belah pihak, dilanjutkan dengan diskusi terbuka.
Pertanyaan pertama menyinggung masalah “Bagaimana cara yang diterapkan oleh Karang Taruna Singosaren untuk menyatukan unit-unit kecil di Singosaren?”.
Dengan lugas mbk Lisa menjelaskan, “Kenali siapa sebenarnya yang mengedalikan masing unit, kemudian dekati dan rangkul”.

Pertanyaan kedua konsen. Bagaimana sejarah pembentukan Koperasi IPPD? sesuatu yang belum dimiliki oleh karang Taruna Singosaren.
Sejarah kopearsi awalnya untuk menangkal berkembangnya Bank Pelecit (Rentenir), Koperasi menawarkan pinjaman dengan 1/2 p0tongan lebih seikit dari Bank Pelecit, namun bunga yang 1/2 lebih kecil juga. Dengan modal awal nekat dan pas-pasan (2juta) kini sudah berkembang hingga mengelola 25jutaan sejak berdiri tahun 2006 silam.

Kemudian penutup, dilanjutkan dengan makan2 dan solat magrib berjamaah.

Namun Acara masih berlanjut, setelah mgarib adalah pemutaran Film.
Film pertama adalah profil Karang Taruna Singosaren, yang berhasil menyabet Karang taruna Terbaik Se DIY😀
Film kedua adalah Profil Dusun Dondong hasil karya Tim KKN Jetis II😀

Cukup untuk acara hari pertama, 6 Sept. Pasukan Karang Taruna beranjak menuju Posko KKN untuk istirahat dan tidur.

Mbak Lisa dan Pak Darmanto

Hari Kedua

Jumat Pagi, agenda hari ini adalah menuju pantai terdekat di daerah Saptosari, rute yang dipilih melewati Ngloro, Krambilsawit, Girisekar, namun baru sampai Krambilsawit ada insiden, vespa bocor terpaksa vespa ditinggal dan diinapkan, (nyari serapan dlu)

Rencana awal adalah menuju Pantai Butuh dan Ngedan, karena jalan yang sangat tidak bersahabat, tujuan dialihkan menuju Pantai Gesing.

Setelah puas dipantai, kami berpisah disini, meneruskan perjalanan masing. Semoga kita bertemu kembali.

Regard
Tuan Pembual