Cerita Lancard Mati

–Cerita lain hari ini, ditulis sebelum lupa menulis.

Tux Ninja

Hari ini dapat telpon dari mbak memey mintak bantuin benerin PC Linux di Puskesmas GK1. Lancard nya mati setelah disambar petir. Solusinya ya beli lancard baru. Muter-muter sebentar nyari barangnya. Dapat RTL 8000 (aku lupa detailnya). Menuju puskesmas..

Sampe lokasi memang siang, sengaja biar tidak terlalu ramai. Langsung bongkar PC ne (Build Up Acer). Colokin lancard kemudain rakit kembali. Karena buru-buru reflek tangan masang kabel seperti biasa. Lanjut hidupkan PC dan booting.

1. Yup, Lucidnya udah jalan. Lanjut cek lancardnya via konsole

$ lspci
Hasil keluaran terdeteksi lancard dengan chip Realtek Semi Conductor bla bla…

2.Cek interface yang terdeteksi

$ ifconfig -a
eth21 bla bla.. (MAC nya diingaet)
lo bla bla...

Hardware sudah terdeteksi, namun belum dapat IP dan otomatis belum bisa internetan.

3. Heran dengan nomor interface yang terdeteksi, kayaknya perlu diubah nama interface, via konsole
$ sudo nano /etc/udev/rules.d/70-persisten-net.rules

Ternyata isinya banyak, berarti pernah dipasang lancard lain sebelumnya. Hasil nanya-nanya mbak e, sebelum saya datang kemaren ngundang teknisi biasa, sudah dipasang lancard nya, tapi mas e belum bisa konfigurasinya. Bilangnya sih mau nyari drivernya dulu, ntar datang lagi. (sudah dibayar, tapi malah lancardnya g dipasang, dibawa pulang lagi) doh.

Lanjut, cari baris yang memiliki mac address hasil ifconfig tadi.
# PCI device 0x11ab:0x4320 (skge)
SUBSYSTEM=="net", ACTION=="add", DRIVERS=="?*", ATTR{address}=="00:18:f3:1e:01:10", ATTR{dev_id}=="0x0", ATTR{type}=="1", KERNEL=="eth*", NAME="eth21"

Pada karatkter terakhir ubah “eth21” menjadi “eth0”. Kemudian list hardware lain saya hapus. Lakukan reboot lagi.

4. Kelar reboot, tetep belum dapat IP, waktunya cek-cek kabel. Dari lampu indikator HUB status g nyolok. Curiga, mundurin PC dan benar dugaan saya. Saya keliru nyolokin Kabel UTP nya, harusnya dicolok di lancard yang baru, dan ini masih nyolok di lancard bawaan PC (onboard). Sekali lagi masalah error-error emang kadang berasal dari hal-hal sepele. Intinya teliti😀

5. Klik-klik seting eth0 dhcp, dan jreng dapat IP. Dicoba browsing sudah mau. HOreeeeee.

Lapor mbak memey, sudah beres. Trus ngambil reumbes duit hardware. Sebelum pulang ditraktir Soto depan Puskesmas. *kebetulan saya belum sarapan😀 Alhamdulillah.

Waktunya bergeser, menuju RS Panti Rapih. Cukup dulu

Regard
Tuan Pembual