Birokrasi Setelah Munaqosyah UIN Sunan Kalijaga

*Catatan lain, mencegah lupa.

  1. Menyelesaikan revisi skripsi bagi yg revisi sesuai dgn point2 yg telah dituliskan dalam form revisi dari dosen penguji.
  2. Jika udah selesai minta ACC revisi urut ke dosen penguji 1 lanjut ke penguji 2 baru ke pembimbing/ketua sidang munaqosyah dan ACC tersebut dibubuhkan pada cover depan skripsi kita dan cantumkan tgl ACC revisinya.
  3. Mintakan form pengesahan skripsi yang ada nilai munaqosyahnya ke pak wahdan (TU.informatika) biasanya sama menunjukkan hasil skripsi yg udah kita revisi, nantinya kita dikasih 5 lembar dan membayar kalo gak salah 5ribu, ane lupa soalnya……😀
  4. Mintakan ttd pada form pengesahan skripsi itu urut dr dosen penguji 1,2, pembimbing lalu dekan pada kolom yg telah tersedia biasanya untuk ttd dekan klo cepet bisa ditunggu, prosedur minta ttd dekan lsg lobikan ke mba robi’
  5. Bawa form yg udah d ttd.i itu ke TU bgian umum/akademik untuk dimintakan stempel, kasih dah stempel untuk keempat form yg kelima gak usah dicap tapi di foto kopi untuk arsip kita dan untuk dinclude kan ke resume skripsi, jangan lupa yg udah dicap tadi discan, plus pernyataan keaslian skripsi ma persetujuan skripsi jg discan untuk diincludekan kedalam PDF skripsi kita.
  6. Buat resume skripsi maksimal 30 lembar dah sama cover, isinya yt kesemua bab skripsi kita tapi diringkas,jilid biasa mika warna biru, jgn lp form master pengesahan skripsi yg blm di cap tadi diinclude kan ke penjilidan resume, biasanya dr TU udah ada, form pengesahan tanpa warna hitam putih, nah 1 form itulah yg nantinya kita copy tanpa stempel, dan masternya itu kita ikutkan dalam penjilidan resume skripsi.
  7. Setelah itu jilid spiral skripsi nya, pke format penjilidan yg udah ditentukan fakultas, jilid aj 2X, yang satu untuk perpus dan satunya lagi untuk arsip pribadi (kagem cerito anak bojo lan putune sesuk), tp jgn lupa yg untuk perpus 1 form pengesahan yg asli yg ada capnya diikut sertakan didalamnya, yg untuk arsip pribadi pake foto copyan/hasil print out scan kasih dah.
  8. So masih ada 4 form pengesahan skripsi kan? nah selanjutnya burning kedalam CD softcopy hasil skripsi yg ud direvisi itu tapi jadiin PDF dulu + di bookmark, isi burningan itu mencakup 1 file PDF dan 1 file DOC resume skripsi, burning 5X kedalam CD, lalu belikan wadah CD nya yg bening, dan tak lupa CD nya dikasih cover seperti yg telah ditentukan pembuatannya oleh universitas.
  9. Buat surat berita acara penyerahan skripsi, filenya udah ada di web saintek atau di link ini http://www.4shared.com/rar/yxojGnJO/syarat_munaqosyah.html?
  10. Kasihkan 1 form pengesahan skripsi+1 CD skripsi ke dosen penguji 1, lanjut ke dosen penguji 2 dan pembimbing, dan tak lupa mintakan TTD di berita acara penyerahan skripsi
  11. So masih ada 1 form pengesahan skripsi ma 2 CD skripsi kan?nah bawa CD ma jilid spiral skripsi nya ke perpus UIN ke bag.informasi terus bilang mau nyerahin skripsi, maka anda akan diminta lsg menuju lt.2 perpus bagian multimedia, disana nnt anda akan disuruh mengisi 2 form, 1 form besar dan 1 form kecil, so setelah diisi kedua formnya serahkan form itu plus CD skripsi ke bagian multimedia perpus, lalu ACC dr petugasnya dan bawa form kecil tadi ke lt.1 perpus bag.informasi dan serahkan form kecil berserta jilid spiral skripsi anda itu, lalu mintakan ttd dan stempel perpus untuk mengisi di form berita acara penyerahan skripsi,selesai maka anda akan dibimbing untuk membuat surat keterangan bebas perpus, opsi ini dapat anda pilih lsg atau membuat suratnya dikemudian hari jg gpp, intinya cm untuk syarat dftr wisuda kok,jd bisa anda buat kapan saja.
  12. Jika anda memutuskan untuk membuat surat keterangan bebas perpus maka anda akan dikasih form kecil lagi 1 buah kemudian bawa ke bag. tata usaha lt.1 perpus, datengi meja bagian surat bebas perpus, dan anda akan dimintai uang 25 ribu sbg adminitrasinya, so anda dpt deh surat itu, ada 2 slip, nah slip putih untuk dftr wisuda, slip pink utk ambil ijazah.
  13. Simpan baik2 surat berita acara penyerahan skripsi tadi sama surat bebas perpusnya karena waktu dftr wisuda dan pengambilan ijazah akan dipakai.
  14. Tunggu keputusan universitas terkait yudisium anda, informasi terkait yudisium ada di papan pengumuman lt.2 saintek.
  15. Yudisium keluar dan anda akan mendapat SKL (surat keterangan lulus) bisa dipakai untuk melamar kerja sambil menunggu ijazah asli keluar, atau jika anda berniat ingin segera melamar kerja setelah munaqosyah, minta pah wahdan membuatkan surat keterangan telah munaqosyah dan transkrip nilai.
  16. Saatnya daftar wisuda dan ceremony, eittts ada syarat2nya lho utk dftr wisuda, bebas perpus UIN, fakultas ma perpus daerah, UGM dan batan, untuk perpus daerah, UGM dan batan dapat dengan membuat surat pernyataan 1 lembar bermaterai aja, surat pernyataannya udah ada di link yg udah saya bagikan di point no.6 diatas, dan berita acara penyerahan skripsi juga menjadi syarat.
  17. Ambil ijazah.
  18. Lulus dari UIN🙂
  19. Kerja/menikah? monggo…….🙂

Mohon bisa menyematkan informasi yang ini juga, banyak mahasiswa yg ribet birokrasi lagi setelah munaqosyah, trims

————————–

Dan beneran ribet😦
Original Posting Oleh : Ginong

Regard
Tuan Pembual