Sehari Belajar Bikin Gerabah Ala Kasongan, Bantul

Rabu, 23 January

Ceritanya ibu, bapak main ke Jogja selama seminggu (22-26 Januari 2013). Selain cuti buat nengokin saya, ternyata juga diselingin dengan surat tugas untuk beberapa usuran sekolah.

Tugas pertama mencari mesin pemecah arang. Lokasi tujuan worshop teknologi tepat guna. Toko berhasil ditemukan dengan alamat Jakal KM 22 Sleman. Mesin pemecah dihargai Rp. 2.000.000,- (dua juta rupiah) dengan lama pengerjaan sebulan.(besok kalo udah jadi saya foto kembali).

Tugas kedua adalah belajar membuat gerabah menggunakan meja putar. Meja putar sendiri sudah ada disekolah, namun dalam pengadaan tidak disertai dengan pelatihan penggunaannya. Jadi hingga kini meja putar tersebut masih menganggur. Tujuan belajar gerabah jelas, Kasongan Bantul. Muter-muter sebentar mencari lokasi pembuatan. Karena ternyata toko-toko di timur perempatan kasongan hanyalah showroom nya saja.

Setelah tiba di sentra pembuatan gerabah Kasongan, kemudian mencari workshop yang sudah beroprasi (buka) karena hari masih pukul 8 pagi. Pelajaran membuat gerbah pun dimulai. Materi awal, bagaimana teknik membuat vas mini. Campuran tanah liat dan air yang telah digiling halur, meja putar, sedikit pasir untuk alas vas agar tidak lengket. (cerita sedikit cara pembuatannya)

  1. Tanah diremet-remet sekelapan tangan, kemudian diletakkan ditengah meja putar.
  2. Ditumbuk-tumbuk sedikit hingga membentuk mangkoaan (kawah)
  3. Meja mulai diputar pelan-pelan menggunakan jempol kaki, sedangkan tangan mulai membentuk bibir vas mini.
  4. Lakukan penambahan dinding dengan membuat gulungan tanah kemudian ditempel pelan-pelan(sambil diputar) pada dinding vas.
  5. Haluskan permukaan vas dengan jari dan air (ditekan-oles)
  6. Setelah bibir selesai, lakukan pembuatan lekukan bibir.
  7. Untuk hasil mengkilap oleskan minyak solar/tanah pada permukaan vas.
  8. Vas kemudian dijemur hingga kering
  9. Lakukan pembakaran dengan lama hingga 3 jam.

Itu sedikit teorinya. Berikut foto dan  videonya.

Membuat Gerabah

Membuat Gerabah

Pembakaran Gerabah

Pembakaran Gerabah

Regard
Tuan Pembual