Kabar #Malioboro8, OpenSUSE Release Party

Sabtu, 23 Maret 2013, bertempat di Gedung AMG Universitas Kristern Imanuel(UKRIM), dilakukan Pesta Rilis OpenSUSE 12.3. Kerjasama antara KPLI Jogja, KSL UKRIM, dan Senat UKRIM. Malioboro sendiri merupakan acara rutin KPLI Jogja. Memiliki akronim Manggungke Linux Obrol2 kare Ongkang2. Acara ini lebih kepada pengenalan teknologi FOSS/Linux kepada masyarakat luas.

Malioboro#8 mendatangkan pembicara Yan Arief. Beliau adalah salah satu penggiat opensuse Indonesia. Adalah Dedy Hariyadi yang memoderatori acara ini, beliau adalah salah satu aktifis linux dan pengerak KPLI Jogja dan Ubuntu Jogja. Hadir dengan gaya khasnya buat bagi-bagi doorprize.

Acara dimulai dengan perkenalan KSL Ukrim yang baru dibentuk. Anggota KSL ini masih sedikit namun sangat solid terbukti dengan hasil yang didapat pada Malioboro ini. Secara resmi terdaftar sebagai anggota ke 19 KPLI Jogja. Mengusung nama Console (Community Open Source On Linux Environment) UKRIM.

Dalam paparannya mas Yan arif menjelaskan beberapa fitur terbaru dari opensuse 12.3 diantaranya :
Perubahan tampilan dari versi sebelumnya, hadir dengan MariaDB, yast, samba4 de el el, *aku yo lali opo neh, lagi nyambi poto2

Antusias dari peserta sangat tinggi, banyak pertanyaan yang keluar di sela-sela penjelasan dari pembicara. Diantaranya : bagaimana memasang OpenSUSE? sulit tidak, bagaimana migrasi dari OS sebelumnya, bisakan dualOS? Tak lupa bagi-bagi dorprize di sela-sela pejelasan dan pertanyaan.

Pukul 12 siang acara selesai. Dilanjut makan siang dan poto-poto bareng pembicara dan pantia.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu acara ini, Senat Univ Ukrim, KSL-KSL se-Jogja, dan para sponsor, BiZNET, CloudMAIL, Andi Offset.

Sampai ketemu dimalioboro9 selanjutnya.

*sedikit dokumentasi

DSC_2202

DSC_2208

DSC_2228

DSC_2230

DSC_2237

DSC_2266

DSC_2297

DSC_2328
Regard
Tuan Pembual