Migrasi Printer Server di RS JIH

Menulis dari mana ya?

Berawal dari surel yg masuk ke akun humas[at]jogjalinux, ada permintaan konsultasi linux dari Kepala IT Support RS Jogja International Hospital rabu kemaren(24/4/13)

Kirain hanya konsultasi biasa, ternyata berlanjut untuk eksekusi langsung. Mereka kesulitan memasang printer di Linux, dan bagaimana menjalankan printer sharing di Linux. Dari hasil pendataan awal sih ada sekitar 66 pc yang akan di sambung dalam jaringan printer sharing. Kemudian ada 11 jenis printer, yang paling bnyak adalah jenis HP laserjet. Kemudian ada beberapa lx-300 dan jreng-jreng, 11 biji Canon LBP2900. duar😀😀. Dan mereka butuh cepet segera dimigrasi. Waktunya nyari tim migrasi. G banyak sih 3 orang termasuk saya. Dari pantauan beberapa pengurus sedang diluar kota. Muter di TL yang pertama respon tak tarik. Tim sudah, Saya dibantu Mas Dedy Haryadi dan Suzud Aripin. Kemudian nyiapin driver printer. Untung di hardisk ada peninggalan mirasi JGOS II kemaren.😀

FYI, Linux yang dipakai adalah Ubuntu Hardy 8.04 LTS, cukup lama sudah 5 tahun lewat. Alasan mereka menggunakan ini karena untuk menyamakan sistem operasi yang dipakai. Kebetulan beberapa spek komputer masih rendah, P4 ram 512mb. Yah maklum…

Jumat pagi mengirimkan surat penawaran, siangnya deal. Sabtu eksekusi tahap pertama. Sikat dab!
Hari pertama berhasil eksekusi 20 PC. 2 buah LBP2900, 1 LX-300, 4 P1002n dan kelar. Khusus LBP2900 ini butuh waktu lama biar jalan. Maklum sudah lama g mainan printer lagi. Panduan pemasangan saya ambil dari panduannya mas arip di dokumentasi Gerakan JGOS. Dan tralala, jalan. Kata kuncinya gunakan cndvr 2.4 (meski rilis resmi canon masih 2.2) Loh.

Skema yang kita gunakan. dari 66 yang akan kita pasang, tidak semua dipasang linux. Sebagian menggunakan xp juga. Jadi yang kita lakukan adalah:
1. Printer ada di pc XP, maka servernya adalah windows xp, clien adalah Linux dan windows. Lakukan sharing ke client windows maupun Linux.

2. Printer ada di pc Linux, maka servernya adalah Ubuntu Hardy, client bisa linux maupun windows. Lakukan sharing printer.

Hasil akhir pembuktian berhasil adalah dokumentasi test print kemudian ditandatangai oleh kedua belah pihak. Kata kunci dalam sharing printer sendiri ada beberapa aplikasi yang dipakai.

  • Samba Server dan Client
  • Cups (printer server) dengan mengakses localhost:631

Eksekusi hari kedua dilakukan jumat kemaren (3/5/13) sekaligus eksekusi terakhir. Tinggal menulis dokumentasi kegiatan dan panduan pemasangan kemudian inpois telpon.
okesip.😀
Sedikit dokumentasi:

Berfoto Sebelum Migrasi

Berfoto Sebelum Migrasi

Test Print Migrasi

Test Print Migrasi

Hardy + Open Office

Hardy + Open Office

Regard
Tuan Pembual