Memahami Komponen Repo Ubuntu

Tulisan kali ini cuma iseng-iseng saja, gara-gara penasaran pas memelihara repo onta.uin-suka.ac.id, repo lokal sih. Beberapa pertanyaan yang nemu. Terimaka kasih untuk mas stwn atas pencerahannya.

Misal dalam kasus repo Ubuntu LTS.

deb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ precise main restricted universe multiverse
deb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ precise-updates main restricted universe multiverse
deb http://repo.ugm.ac.id/ubuntu/ precise-security main restricted universe multiverse

[0] main, restricted, universe, multiverse itu bagian apa?
[1] Trus Precise itu isinya apa aja mas, bagaimana dengan precise-updates / precise-security ?

[0] Jawaban nomor pertama.

Software dalam repositori Ubuntu dibagi menjadi empat kategori atau komponen – main, resticted, universe, multiverse.

Software dikelompokkan sesuai dengan kemampuan pengembang untuk mempertahankan dan seberapa baik memenuhi  filosofi perangkat lunak bebas.

Main
Komponen main berisi perangkat lunak bebas, dapat didistribusikan secara bebas dan didukung penuh oleh pengembang. Perangkat lunak paling populer termasuk didalamnya, begitu juga dengan aplikasi-aplikasi yang secara default telah terpasang saat awal instalasi. Software di Main meliputi daftar aplikasi yang dipilih secara manual oleh pengembang, komunitas dan pengguna. Ketika memasang perangkat lunak dari komponen Main, ada keyakinan bahwa perangkat lunak akan datang dengan update keamanan dan dukungan teknis tersedia dari pengembang.

Restricted
(terbatas). Biasanya berisi komponen kecil tools dan drive yang biasanya merupakan perangkat lunak berpemilik (propietary). Bagian ini biasanya di dukung langsung dari vendor, atau pemilik lisensi. Contoh nyata dari bagian ini adalah beberapa driver kartu grafis. flash player dan lain-lain.

Universe
Komponen Universe adalah snapshot dari free open source, dan dunia Linux. Ini menampung hampir setiap bagian dari perangkat lunak open source, semua dibangun dari berbagai sumber publik. Jaminan perbaharuan keamanan paket tidak diberikan oleh pengembang namun diberikan cara bagaimana layanan ini bisa didapatkan. Pengguna harus memahami risiko jika menggunakan paket ini. Paket-paket ini bisa saja dimasukkan kedalam komponen Main, jika kemudian dikelola, dan dirawat oleh pengembang (Canonical). Hal ini biasa terjadi jika paket yang dimaksud menjadi populer dan lain sebagainya.

Multiverse
Komponen multiverse berisi perangkat lunak yang tidak bebas, yang berarti persyaratan lisensi software ini tidak memenuhi kebijakan lisensi komponen utama Ubuntu. Tanggung jawab ini pada user untuk memverifikasi hak user untuk menggunakan software ini dan mematuhi persyaratan lisensi dari pemegang hak cipta. Perangkat lunak ini tidak didukung dan biasanya tidak dapat diperbaiki atau diperbarui. User hendaknya sadar dan tau resiko jika digunakan.

[1] Lanjut, jawaban nomor dua.

  • $release: Don’t touch it, I like consistency, even with my bugs. Jadi repository yang 100% merupakan tanggungjawab pengembang, meski ada kutu sekalipun.
  • $release-security: I’ll accept patches to existing versions (and very rare version upgrades if absolutely necessary) in the process of keeping my system secure.
  • $release-updates: Okay, some bugs are worth fixing, and I trust you this much (holds up two fingers like Maxwell Smart).
  • $release-backports: I have something akin to technology ADHD, needing the latest of everything I can possibly get, but I can’t handle running the development branch.

Hanya menerjemahkan dari sini, beberapa tidak saja terjemahkan, karena masih bingung ditulis bagaimana.
[0] http://help.ubuntu.com/community/Repositories

Regard
Tuan Pembual