Invasi FOSS ke MAN Wonosari Gunungkidul

Permintaan dukungan FOSS di MAN Wonosari sudah lama disampaikan kepada saya secara pribadi via KPLI Jogja maupun KSL UIN, dan sudah saya ajukan rencana kegiatan. Kalau tidak salah sejak pertengahan tahun 2013. Namun sepertinya belum bisa dieksekusi dengan cepat.

Baru minggu kemaren pihak sekolah menghubungi saya tentang kelanjutan dukungan FOSS ini. Saya diminta mengajukan proposal kegiatan beserta jadwal dan materi yang ingin diajarkan. Sesuai kesepakatan saya menuju sekolah Jumat kemaren, (27/12) bareng kawan-kawan Gerakan JGOS, Amirudin Latif untuk penyerahan draft proposal, survei lokasi dan kebutuhan. Sebelum program ke MAN Wonosari, tahun lalu saya pernah menggarap hal serupa di SDN Trowono I Saptosari kerjasama KPLI Jogja dan KSL UIN SUKA.

Dari hasil survei, sekolah berkeinginan untuk mengadakan penguatan kapasitas FOSS terhadap guru TIK yang ada dan beberapa staff sekolah. Hal ini dilakukan untuk menyongsong penghapusan matapelajaran TIK di kurikulum 2013 ini. Kedepannya untuk pembuatan server lokal dan Website sekolah bisa dikerjakan sendiri.

Untuk pertemuan pertama akan dijadwalkan Sabtu besok, 4 Januari 2014 dengan materi dasar pemasang linux, dan pemecahan masalah.

Ya ditunggu aja kelanjutan nya, semoga ini awal yg baik untuk kemajuan TIK di Indonesia dan kemandirian bangsa.

Survei Lokasi

Survei Lokasi

Gedung MAN

Gedung MAN Wonosari

Papan Nama

Sekolah sedang sepi, bersamaan dengan pembagian Rapor

Regard
Tuan Pembual