JGOS Tahap III di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Gerakan JGOS memasuki tahap ketiga. Sebelumnya saya ikut JGOS tahap II sejak Oktober 2011-Oktober 2012. Namun dalam kurun waktu tersebut masih tersisa kuota komputer migrasi sebanyak 30 PC. Maka dilanjutlah ke Tahap III.

Ada yang berbeda di Gerakan JGOS III kali ini. Sebelumnya sasaran migrasi adalah SKPD di lingkungan Pemkot Yogyakarta, kali ini sasaran adalah instansi pendidikan. Target yang sesuai adalah SMA/SMK/Sederajat.

Pengenalan FOSS sejak sekolah diharapkan mampu melawan pembajakan, sadar hak cipta dan menambah wawasan pelajar. Dan juga melepas ketergantungan sekolah dari software-software berbayar (proprietary software). Menjadi sekolah yang merdeka.

Dari hasil penjajakan proposal Implemnetasi FOSS selama lebih kurang 3 bulan, diantaranya SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Namun dari hasil survei dan kesiapan lokasi, SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta memberikan respon yang cepat. Kepala sekolah, guru-guru, Waka Kurikulum dan Staff mendukung sekali program ini demi kemajuan sekolah.

Tanggal 28 November 2013, MoU disepakati antara pihak terkait, diantaranya AirPutih, Infest dan SMA Muhammadiyah 5 Yogykarta. Awal Desember program JGOS mulai berjalan. Target yang dipasang linux adalah Lab Komputer sekolah dengan lama pengerjaan, survei, instalasi, konfigurasi, sosialiasai, dan pendampingan 8 minggu aktif sekolah.

Hasil pendataan komputer, dan pemasangan terdapat 18 komputer ditambah 2 Leptop guru yang layak migrasi dan sudah terpasang linux dengan baik. Kemudian menambah aplikasi sesuai kebutuhan sekolah diantaranya : LibreOffice, VLC, Lampp, Inkscape, Gimp, Stelarium, FreePascal hingga Italc. Kedepannya ditambah beberapa komputer yang terdapat diruang kelas.

Kini sedang memasuki tahap pendampingan penggunaan. Namun karena sekolah sedang libur semester, pendampingan akan dilanjutkan semester depan.

Yah, ternyata SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta telah menggunakan Linux sejak dulu sebagai server lokal maupun website sekolah, meski belum secara langsung menyentuh desktop. Adalah Pak Garda, guru TIK sekaligus Staft IT Sekolah yang ikut mendukung program ini berjalan mulus dan berkesinambungan.

Semoga benar-benar mengedukasi pendidikan, tak hanya guru, siswa, staft tapi semua elemen sekolah.

Dokumentasi

Pendataan Komputer

Pendataan Komputer

Pemasangan Linux

Pemasangan Linux

Pelatihan Libre Office

Pelatihan Libre Office

Penyerahan MoU

Penyerahan MoU

Regard
Tim JGOS
bowo, estu, latip, pandu, bobo, inyong