9 Hal Wajib dilakukan Setelah Memasang BlankOn Suroboyo

01ManokwariShell

Hore, BlankOn ke-9 dengan nama kode Suroboyo telah rilis. Pastikan sudah anda pasang di pc/leptop anda. ISO BlankOn Suroboyo bisa diunduh melalui beberapa cermin berikut:

Kenalan dulu :

Destop BlankOn Suroboyo punya cerita unik sendiri. Diberi nama Manokwari Shell. Manokwari Shell adalah destop shell untuk GNOME 3 dengan Gtk+ dan antarmuka HTML5. Destop ini juga sangat ringan dan sederhana, namun sangat lengkap dari sisi fitur.

Beberapa hal yang wajib dilakukan segera setelah memasang BlankOn :

1. Ubah sumber lumbung (repository) ke repo terdekat.
Beberapa repo yang menyediakan adalah, kambing UI, Repo UGM, via konsole :
$ sudo nano /etc/apt/sources.list
ubah sesuai kebutuhan :

## Repository BlankOn Suroboyo | kambing
deb http://kambing.ui.ac.id/blankon suroboyo main restricted extras extras-restricted
deb http://kambing.ui.ac.id/blankon suroboyo-updates main restricted extras extras-restricted
deb http://kambing.ui.ac.id/blankon suroboyo-security main restricted extras extras-restricted
## Repository BlankOn Suroboyo | kambing
deb http://repo.ugm.ac.id/blankon suroboyo main restricted extras extras-restricted
deb http://repo.ugm.ac.id/blankon suroboyo-updates main restricted extras extras-restricted
deb http://repo.ugm.ac.id/blankon suroboyo-security main restricted extras extras-restricted

simpan dan perbaharui.
$ sudo apt-get update

2. Pasang paket restricted, seperti flashplayer-plugin dan font windows. Untuk dukungan flash player dan fonta windows.
$ sudo apt-get install flashplugin-nonfree ttf-mscorefonts-installer

3. Install Sublime Text 3.  Aplikasi ini kudu dipasang sebagai editor wajib bagi prohemer. Paket deb bisa diunduh pada tautan berikut. Cara masangnya via konsole.
$ sudo dpkg -i sublime-text_*.deb

4. Pasang Imagination, Aplikasi  Pembuat Video Dokumentasi dari Foto. Pak Ainul sudah berekprimen dengan ini; menuju tautannya saja. Cara pemasangan sangat mudah dari mesin BlankOn, dari terminal cukup ketik :
$ sudo apt-get install imagination

5.  Pasang Iceweasel dulu. Rebranding Mozilla Firefox untuk Debian, dan turunan Debian lainnya. Cara pemasangan cukup mudah :
$ sudo apt-get install iceweasel

6. Pasang Geo.BlankOn juga. Sebenere sudah dipasang sejak livecd. Tapi dikenalin dulu ah. Geo.BlankOn adalah aplikasi baru di Distro BlankOn. Aplikasi ini menampilkan peta lokasi berbagai tempat. Dalam pengembangannya, aplikasi ini bisa menyediakan berbagai macam data berbasis lokasi seperti titik wisata, titik pelayanan publik, titik banjir, titik kemacetan di jalan raya serta informasi publik lainnya. Jika belum terpasang sila jalankan perintah berikut :
$ sudo apt-get geoblankon-peta

Geo BlankOn

Setelah terpasang, akan berada pada aplikasi kategori internet.

7. Destop Kontekstual, Ini merupakan wallpaper BlankOn Suroboyo yang akan senantiasa berpindah-pindah warna sesuai waktu, (pagi, siang, malam). Kudu dijajal, caranya dari menu BlankOn > Settings > Backgroud > Backgroud > Wallpaper. Banyak pilihan gambar, pilih gambar ada icon jam dipojok kanan bawahnya.

blankon-kontekstual

8. Masang Super Mario (html5). Aplikasi ini mampu dijalankan berkat fitur Maleo sebagai “Runner” Aplikasi HTML5.
$ sudo apt-get install supermario

*ini masih masa devel, jadi belum jalan sempurna :|| tapi layak dicoba dulu via browser.
supermario-maleo

9. Karena rilis ke sembilan, ya sudah saya buat sampe 9 aja. :D.
ini penampakan maleo:

maleo blankon

Selamat mencoba..
Tautan sumber :
[0] Pers Rilis BlankOn Suroboyo

Regard
Tuan Pembual

Advertisements

31 thoughts on “9 Hal Wajib dilakukan Setelah Memasang BlankOn Suroboyo

  1. Kalo ingin memasang blankon 9 pada komputer yang sudah memiliki partisi linux gimana caranya (install secara custom) ? saya sudah mencoba advant mode ataupun quick mode kok tampilannya sama saja dan tidak menemukan cara untuk menginstall pada partisi yang diinginkan. padahal saya memiliki 2 partisi “/” dan “/home” di hardisk.. 😀

    1. installer blankon belum memiliki partisi editor yg keren.Sementara jika ingin milih partisi bisa menggunakan gparted pada mode live.
      Jika partisi / dan /home ingin dipisah, lakukan pengaturan di fstab menggunakan mode live.

  2. Problem yg sering ane alamin d blankon (pattimura & suroboyo) adl. tiba2 turnoff sendiri, padahal batre masih banyak, dan inactive gak ada 2 menitan, dan kalo udah gini, editing yg belum ane install jd hilang, gak ada opsi recovery seperti saat mati gara2 critical battery.
    Trus yg baru2 ini, tiba2 blank screen setelah reboot, problem ini sama dg d kali linux sesudah proses apt-get upgrade…

    1. ohh itu memang suka erorr netbootinnya,, terkadang saat booting FD tidak terdeteksi, nah cara ngatasi nya yaitu mengaktifkan kembali Booting FD. kalo di windows bisa gunakan partision wizard ambil free aja hehe

  3. Mohon pencerahan Mas sayang baru saja install blankon 9 suroboyo, tapi
    Sayang says tidal bisa loging padahal nama dan password sudah betul.

  4. mas saya mau nanya ni, saya kan sebelum nya pakai sistem operasi windows, nah saat saya menginstall blankon suroboyo, saya bingung gimana cara nya menghapus sisem operasi yang lama (windows)? partisi hard disk yang buat sistem operasi windows kebaca saat proses penginstallan, tapi gak bisa di centang supaya blankon suroboyo di tempat kan pada ruang partisi tersebut.
    mohon pencerahan nya, trima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.