Pelatihan Pemaketan BlankOn ke Staff Pustekkom Kemdiknas

Pelatihan Pemaketan BlankOn ke Staff Pustekkom Kemdiknas
Pelatiahan Pemaketan Pustekom

Jumat kemarin(11/7) saya dan Pak Mahyudin dapat kesempatan untuk memberikan materi pemaketan di BlankOn kepada staf Pusketkom Kemdiknas Ciputat Tangkerang. Pelatihan ini merupakan salah satu dari rangkain pelatihan-pelatihan lainnya untuk membantu Pusketkom Kemdiknas yang berencana membuat distro linux sendiri turunan dari BlankOn.

Pelatihan ini nanti akan terbagi beberapa bagian, sesuai materi  yang dibutuhkan. Saya kebagian duet dengan Pak Mahyuddin melatih pemaketan selama dua hari yaitu Jumat(11/7) dan Senin(14/7). Kemudian di kelas lain Senin(14/7) besok juga ada kelas kesenian oleh pak Kukuh Syafaat (kelas pararel).

Ada juga selanjutnya kelas Infrastruktur rencananya akan diisi oleh Supermen BlankOn Pak Aftian. Kelas ini rencananya akan dimulai setelah Idul Fitri.

Pemaketan hari pertama dengan peserta 13 orang cukup kondusif. Sesi awal diisi oleh saya diawali tes singkat untuk mengukur tingkat pengetahuan tentang Linux. Kemudian salindia pertama dari saya adalah pemaparan Sejarah BlankOn. Salindia kedua tentang Panduan Distro Turunan BlankOn.

Sesi pertama saya dimulai dari pukul 10-11.30. Dilanjutkan dengan persiapan kelas pemaketan. Langkah pertama adalah memasang Blankon. Saran awal dipilih Blankon akan dijalankan dari Virtualbox dengan inang Windows 7 32 bit dan mulailah proses pemasangan. Ternyata oh ternyata BlankOn ndak jalan mulus di Virtualbox Windows 7 32 bit. Jadi menu manokwarinya ndak respon sama sekali.

Setelah mencoba beberapa kali, maka solusinya komputer didual boot Windows dan BlankOn dengan menghapus Linux yang sebelumnya telah dipasang (ubuntu). Setelah proses pemasangan selesai kelas diambil alih oleh Pak Mahyudin sebagai sesi kedua. Sesi ini dimulai sejak pukul 13.30 hingga 16.00. Saya yang jadi asisten.

Kelas pemaketan ini diawali dengan pengenalan fungsi pemaket, peralatan yang dibutuhkan dan cara kerja tim pemaket. Setelah teori selesai lanjut pratikum dengan memasang peralatan yang dibutuhkan. Peserta mulai sibuk bertanya antara bingung dan penasaran.

Peralatan yang dibutuhkan cukup dengan menjalankan perintah melalui konsole :
$ sudo apt-get install devscripts build-essential fakeroot debhelper gnupg pbuilder dh-make dpkg-dev ubuntu-dev-tools

Lanjut dengan melakukna konfigurasi ruang kerja. Untuk lebih detailnya bisa dibaca pada Panduan pemaketan bisa dibaca di tautan [3]

Hingga sesi kedua selesai pelatihan ini baru sampai dengan konfigurasi ruang kerja, untuk praktik pembuatan paket akan dilanjutkan pada Senin besok.

Sip,

Foto-foto kegiatan:
2014-07-11 14.51.52 2014-07-11 14.52.37 2014-07-11 14.52.52 2014-07-11 14.53.15 2014-07-11 07.38.37

Regard
Tuan Pembual

Tautan Materi:
[0] Sejarah BlankOn
[1] Pengembangan Distro Turunan BlankOn
[2] Presentasi Pemaketan oleh Mahyudin
[3] Panduan Pemaketan