Kelas Pemaketan II BlankOn Linux

Kelas Pemaketan II

Kelas pemaket II dilanjut Senin kemaren (14/7) dengan peserta yang berkurang hanya 8 orang karena beberapa peserta harus ikut kelas kesenian dengan Pak Kukuh. Maklum kelas diadakan secara pararel.

Pemaketan hari kedua dengan materi pratikum pemaketan. Pemaketan sesi I, 9.30-12.30 diawali dengan menggunakan dpkg-buildpackage. Paket yang dicoba adalah ed – sebuah editor sederhana. Hal yang harus dilakukan peserta adalah membuat dokumen pendukung sebuah paket, yaitu berkas control dan berkas changelog. Hal yang perlu diperhatikan adalah masih-masih berkas memiliki isian yang sudah baku dan sangat ketat. Sehingga jika ada baris yang kurang ataupun spasi yang tidak tepat proses pemaketan akan gagal.

Setelah pemaketan menggunakan dpkg-buildpackage selesai, peserta diminta memaketkan dengan menggunakan pbuilder. Proses ini berbeda dengan sebelumnya dan lebih mudah. Hingga tahap ini selesai untuk sesi pertama.

Sesi kedua dilanjutkan setelah selesai istirahat siang. Materi yang akan dibahas adalah memaketkan aplikasi yang menggunakan perpustakaan Maleo. Sebagai studi kasus peserta diharuskan memaketkan supermario, game di BlankOn Linux yang berbasis Maleo. Masing-masing peserta diharuskan memaketkan supermario menggunakan kedua cara yang telah dipelajari sebelumnya.

Akhir sesi ditutup dengan tanya-jawab tentang pemaketan secara umum. Beberapa peserta meminta agar jam pemaketan masih ditambah karena dirasa belum cukup mahir dalam memaketkan.

yah itu cerita versi resmi,
kalo yang ndak mudeng bisa baca postingan sebelumnya. Langkah-langkah masih ikut panduan pemaketan pada postingan sebelumnya.

Selesai kelas pemaketan sudah sore, perjalanan ke Bogor lumayan ini.
Ya sudah lanjut buka bareng saja dengan grombolan siberat. Peserta BlankBukBer kali ini adalah saya, Pak Mahyudin, Pak Haris dan Pak Kukuh. Lokasi bukber ternyata sampe Bogor juga yaitu warung Ampera. Ini nama juga aneh, setau saya ampera itu nama warung Padang, kalo ini malah jualan masakan Sunda. Ya sudah.

BlankBukBer

Cukup.
Regard
TuanPembual