Liputan GNOME.Asia Summit 2015 Day 1

resized_IMG_5755

Setelah selesai beresin hari pertama workshop, saya malamnya nginep di bascamp, tapi malah ndak tidur nyenyak.

Hari pertama. Saya harap-harap cemas, selain kita kekurangan tim, saya merasa persiapan kita masih kurang. Beberapa hal terlupa dipikirkan. Hajar sajalah. Jam 8 pendaftaran peserta dibuka. Panitia sudah stanby sejak jam 7 pagi. Pamer poto gate ah.

Gate In (Foto by : Andre Klapper)

Jam 9. 00 acara dimulai. Diawali oleh sambutan dari GNOME Board, dilanjutkan oleh Ibu Dekan Fasilkom UI. Acara dibuka ditandai dengan pmukulan gong. Setelah itu adalah keynote speaker oleh Bapak Aidil Chendramata (Direktur Keamanan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informasi). Sejenak rehat kopi sebentar dengan hidangan khas indonesia. Ubi, keledek dan jagung kukus. Pukul 10.00 acara dilanjutkan oleh Bapak Mohammad Anwari (The Architecture of BlankOn Linux). Sebelum jeda istirahat Shalat Jumat sesi lightning talk pertama digulirkan
re_DSC_0009
Wah rame juga ternyata. Beberapa kawan yang datang adalah para kontibutor FOSS lawas, kawan lama sejak awal merantau. Beberapa mahasiswa dari kampus yang kami datangi ketika roadshow juga hadir.
re_DSC_0054

Setelah jumatan adalah makan siang dengan nasi kotak. Ada tamu dari luas terkesima dengan kerupuk.😀 Makanan unik. Setelah makan siang adalah seri kelas. Ada 4 kelas pararel dalam satu waktu dengan total 28 kelas. Detail pemateri dan slide bisa dilihat pada halaman berikut.
resized_IMG_3984

Selain kelas pararel, lightning talk dan keynote speaker, panitia juga menghadirkan pameran dari beberapa perusahaan dan komunitas dengan total 10 stand, diantaranya Inixindo, GLiB, freebsd, Btech, RTIK, Qwords, BlankOn, openSUSE id, Opensteetmap id dan Cloudkilat.

resized_IMG_5110

Beberapa panitia sudah mengeluarkan keringat yg bnyak, wajah-wajah kelelahan, saya sediri udah mirip setrika, mondar mandir. Kita miss dikordinasi tukang foto. Karena beberapa tukang foto merangkap penanggungjawab kelas maupun peralatan. Kalian luar biasa. Selesai acara kita breafing dan refleksi dan pulang.
resized_IMG_5765

Lanjut hari kedua. Sepertinya saya harus pulang. Butuh nulis berita dan upload poto.

  • Estu –