Liputan GNOME.Asia Summit 2015 Day 2

resize_DSC_0270
Hari kedua. Lanjutan postingan hari pertama summit dan 1 Day Workshop.
Butuh naikin stamina. Pompa semangat kawan-kawan.

resized_IMG_4198

Aktor utama memasuki gelanggang

Pendaftaran dibuka kembali jam 08.00.

Jam 9.00 acara kita mulai, diawali dengan pemutaran beberapa foto kegiatan dari hari sebelumnya. Kemudian keynote pertama dari Mas Tobi dengan materi gnome 3,16 duet bareng mbak ket, Meet the GNOME Foundation: an Introduction and Open Forum. Saya masih nungguin materi presentasi mereka.

resized_IMG_4288

Setelah sesi awal, dilanjutkan dengan diskusi terbuka. Panitia memberikan doorprise 2 sepatu kepada peserta dengan pertanyaan terbaik.
resized_IMG_4291

Setelah open forum, disusul lightning talk. Break sebetar dan pindah kelas. Beberapa stand masih rame, diantaranya Stand openSUSE yang membuat kuis bagi pengujung stand dengan iming-iming kaos ekslusif.  Stand BlankOn yang mamerin buku Inkscape oleh Sokhibi dan beberapa kali malah gitaran.
resized_IMG_5934

Saya ndak sempat mengikuti sesi kelas secara keseluruhan. Hanya sempat lompat-lompat kelas sebentar sebentar.
resized_IMG_5658
resized_IMG_5643

Hari kedua, panitia sengaja memberikan jeda istirahat dan makan siang selama 1.5 jam. Beberapa peserta terlihat asik berdiskusi dengan beberapa speaker. Jeda bahasa dan kecanggungan di hari pertama mulai terkikis, termasuk saya sudah ndak keseleo nginggris. Memang panitia sengaja mengatur istirahat hingga 90 menit agar sesi obrolan bebas lebih erat. Beberapa peserta bertanya tentang matesi presentasi, beberapa bertanya tentang bagaimana bergabung dan ikut berkontribusi. Pukul 2.00 siang kelas dimulai kembali.
resized_IMG_4261

Dua sesi kelas dilanjut, antusias peserta masih semangat, meski panitia mulai menunjukkan batas kelelahan. Pompa semangat lagi, hanya tinggal beberapa jam hingga selesai.

resized_IMG_6022

Rehat kopi dan kelas terakhir. Jam 5 peserta kembali ke aula utama. Last lightning talk. Ditutup ucapan terimakasih oleh GNOME Board. Acara GNOME.Asia Summit 2015 resmi selesai diselenggarakan. Sampai ketemu tahun depan. :((

Besok kita masih ada 1  day trip.
See you tomorrow.

Estu