BlankOn dalam Konferensi Libreoffice ID

2018-03-25 14.47.48

Ini kali kedua konferensi, saya g ikut jadi pembicara. Sebelumnya PyConf ID di PENS 19 Desember silam, hanya cuma submit judul dan tidak lolos (dan memang berharap tidak lolos). Acara di PENS Desember silam termasuk perjalanan ajaib, karena kali pertama saya nyoba bawa sepeda lipat naik pesawat.

Konferensi LibreOffice kemaren saya semacam penyusup, karena sedikit bikin acara dalam acara. Agenda terselubungnya adalah mengumpulkan pengembang-pengembang BlankOn dalam satu lokasi. Semacam BlanKopdar.

Perjalanan ke timur. Rencana awal berangkat naik bus, tapi beberapa jam menjelang berangkat, tiba-tiba malah beli tiket kereta Jayakarta. Dan dapat kabar, kereta jalur selatan asal dan menuju Bandung mengalami terlambat. Karena ada kereta anjlok. Dan Pak Didiet sudah misuh-misuh dari sore.

Untuk penginapan di Surabaya, sebulan sebelumnya saya sudah memesan kamar dormitory di Anjani B&B tidak jauh dari PENS. Memesan 3 kamar dengan total 10 tempat tidur. 2 kamar dengan 4 kasur. 1 kamar untuk tim openSUSE.ID dan 2 kamar untuk BlankOn. Cukup murah.

Saya sampai Surabaya Jumat pagi jam 5, dan langsung ke homestay. Di homestay sudah ada Pak Slamet dan Pak Kuriyanto yang sudah sampai Surabaya sejak Kamis.

Hari Jumat 23 Maret 2018

Setelah mandi dan sarapan, terus langsung ke PENS. Ketemu Pak Edwin. Pak Noor Azam, Pak Eric dan Pak Franklin Weng. Juga ketemu beberapa pendekar yang sebelumnya belum pernah ketemu. Ada Pak Sofyan, Pak Kifli, Pak Syamsul, yang saya baru pertama ketemu. (Maafkan bila ada yg terlupa tidak disebut, keterbatasan memori)

Agenda Jumat adalah Workhop LibreOffice bareng Pak Andika. Break Solat jumat, kemudian dilanjutkan seremonial antara Panitia, Pembicara, Pihak Kampus dan Sponsor sekalian makan siang.

2018-03-23 13.53.04

Setelah Ashar saya balik ke homestay lagi sekalian mengantar Pak Edwin. Sebelum balik, Pak Darian nitip, “Pak ntar malam ada undangan makan di Jenggala Resto”. Siap ndan. Pak Darian makin lemu, mungkin efek stress menjadi koordinator panitia lokal. Selama makan malam, banyak obrolan teknis dan non teknis. Beberapa merupakan temu kangen. Tidak tiap tahun bisa kopdar komunitas seperti ini.

Setelah selesai undangan makan malam, balik homestay. Kita mulai Hackathon di Homestay. Kita bagi tugas tiap-tiap orang, apa aja yang bisa dikerjakan.

BlanKopdar kali ini ada beberapa target yang ingin dikejar:
1. Tambal Paket, terutama terkait Sofware Center dan Appstream Data
2. Nutupin Tiket BlankOn Installer
3. Rilis Manokwari, sekalian mengundang Pak Fadlun buat Hackathon, sebagai kontributor Manokwari paling aktif saat ini.
4. Beberapa konfigurasi infra yang dibutuhkan

Dalam kenyataannya adalah zsync jahitan, install, debug, koding-koding, commit, rilis paket, masuk ke irgsh, jahit dan ulangi dari awal. Jam 1 pada mulai tepar, namun hasilnya produktif. Beberapa bug minor terdeteksi dan dapat ditambal.

Hari Pertama Konferensi, Sabtu 24 Maret 2018.

Tempat acara di Gedung Pasca Sarjana PENS lt. 6. Saya agak telat datang. Pak Slamet dan Tim sudah duluan untuk persiapan Stand Pameran. Saya baru jam 11 sampai PENS. Tak lama dapat telepon dari Pak Aftian. Ya salah satu target utama datang ke Surabaya ini memang untuk ketemu Pak Aftian sebagai supermen di Proyek BlankOn.

Saya banyak menghabiskan di Stand Pameran, ngadep laptop. Jam set 1 ketemu Pak Aftian. Sesi curhat dimulai, antara Pak Aftian, tim JK, Tim Riset dan saya. Membahas bagaimana appstream data bekerja. Paket ini paket wajib sebagai basisdata aplikasi yang bisa dipasang menggunakan GNOME Software Center. Kesulitannya adalah dokumentasi paket ini tidak sampai ke Pengembang Uluwatu. Diskusi berjalan lama dan Pak Herpiko sudah mendapat inspirasi. Siap-siap buat praktek.

Sebelum magrib saya balik homestay. Dan kata Panitia, ada undangan makan malam lagi di Ayam Bakar Primarasa. Kali ini tema obrolan di meja adalah proyek penerjemahan. Ada Pak Andika, Pak Kukuh, dan satu lagi Mbak dari Mozilla. Rencananya mau bikin Konferensi Translasi untuk memasukkan beberapa bahasa lokal ke LibC. Masih akan digodok dan semoga bukan wacana.

Balik ke homestay. Lanjut ke appstream-data bareng Pak Herpiko. Setelah coba-coba, jalan. dan paket yang ada direpo akan selesai diexport ke yml besok pagi. Pak Sofyan masih sibuk nambal BlankOn Installer. Saya tidur duluan.

Hari kedua konferensi, Minggu 25 Maret 2018.

Hari ini kepala masih penuh sama pertanyaan, Kapan rilis? Sudah ditodong pak haris ketika makan malam. Sayangnya tidak ada pemaket yang hadir di BlanKopdar dadakan ini. Ya sudah, belajar ngenter didampingi pak Aftian. Paket appstream-data Uluwatu harus sukses dimasak oleh irgsh.

Menjelang selesai acara akhirnya sukses masak di irgsh. Siap-siap jahit lagi. Saya pun balik ke homestay lagi. Sekalian nganter pak Edwin yang balik ke Jakarta penerbangan malam.

Saya termasuk lupa ngambil foto kegiatan. Baru sadar pas udah selesai, g ikut foto bareng :(. Sampai bertemu di Konferensi selanjutnya. Terimakasih untuk Panitia, Sponsor dan semua pihak atas undangan accara, kesempatan ngisi Stand Pameran dan tak lupa Jamuannya.

2018-03-24 21.53.02

April, Uluwatu Rilis!

Estu, yg masih utik-utik jahitan RC4.