Mi Roaming, Solusi Hemat Paket Data Internasional

Menyambung cerita kemaren, catatan CGK-HKG-TPE. (ps: saya bukan tim marketingnya Mi Roaming, cuma berbagi cerita saja)

Sebelum berangkat, sempat terpikir bagaimana penggunaan data ketika di Taiwan? Temen-temen dari Surabaya memilih membeli kartu Telkomsel edisi khusus Taiwan, IDR 340.000. Diorder dengan mendatangi Grapari Telkomsel atau menghubungi cs@telin.tw. Saya dipamerin penampakannya.

Pak Edwin Zakaria memilih mengaktifkan roaming Indosatnya. Sedangkan saya malah lupa aktifasi roaming kartu IM3 saya, sehingga kartu saya beneran mati ketika keluar dari Indonesia. Tidak mendapat sinyal sama sekali. Dan kalo mau ngaktifin ketika sudah telat gini, malah ribet bener.

Sebenarnya, jauh hari sebelum berangkat, saya berencana menggunakan Mi Roaming saja untuk kebutuhan data internet. Mi Roaming tersedia di ponsel Xiomi dan MIUI.
Saya menggunakan ponsel Mi Max 2 dengan versi MIUI 9.6.3.0.

Apa itu Mi Roaming?

Mi Roaming adalah layanan data dengan menggunakan jaringan lokal melalui virtual sim yang tersedia di lokasi sekitar namun tanpa membeli kartu baru. Sebelumnya, saya pernah membeli kartu roaming lainnya, ChatSIM sekitar IDR 25.000. Namun penggunaannya sangat terbatas hanya untuk chat saja.

Negara mana sajakah yang mendukung Mi Roaming?

Cukup luas hampir 50 negara. Eropa, Asia.

Berapa harga layanan ini?

USD 1 per 24jam.dan memperoleh paket data sebesar 2GB di jaringan 2G/3G.

Cara membeli?

Pilih negara tujuan, kemudian bayar. Pembayarannya sangan mudah. Saya memilih membayar melalui PayPal. Meski mudah untuk menikmati layanan ini, namun layanan ini cuma memperbolehkan pembelian perhari. Jadi karena saya di Taiwan 8 Hari, saya membeli 8x paket USD 1, tidak bisa langsung beli satu paket 8 hari.

Cara mengaktifkan?

Karena membutuhkan akses internet untuk membeli. Saya membeli jauh hari, 2-3 hari sebelum berangkat. Saya mencoba membeli 1 hari dulu untuk negara tujuan Taiwan. Sedangkan ketika di Hongkong, saya tidak mengaktifkan Mi Roaming karena internet bandara HKG sudah cukup memenuhi kebutuhan internet saya. Langkah aktifasi cukup mudah, pilih menu Mi Roaming, aktifkan paket yang sudah dibeli.

Proses ini adalah dengan membuat ponsel Mi saya memiliki kartu tambahan (simcard) virtual, jadi akan ada dua bar sinyal. Kemudian aktifkan mode roaming, dan pilih data dari Mi Roaming. Data sudah bisa digunakan. Butuh waku 2-5 menit hingga data siap digunakan sejak awal Mi Roaming diaktifkan.

Catatan Penggunaan:

• Tidak ada batasan aplikasi ketika menggunakan Mi Roaming; browser, email, chat, sosmed lancar jaya. Meski jalan dijaringan H+, namun koneksi stabil, ini berbeda saat menggunakan layanan seluler di Indonesia. H+/3G itu pait kalo di Indonesia.
• Ada sedikit masalah ketika saya harus meremote mesin di AWS Singapura. Aplikasi JuiceSSH gagal digunakan. Ini saya sikapi dengan menggaktifkan VPN di ponsel (saya menggunakan Tunnel Bear) dan terhubung di Gateway SG. Dari data di Tunnel Bear, posisi dalam peta, layanan Mi Roaming ini ada di Inggris, bukan di Taiwan. Baru kemudian tunnel menuju SG. Ketika melakukan pembayaran PayPal pun, resi menunjukkan Mi Roaming di debt dari UK.

Kesimpulan:

Saya cukup puas menggunakan layanan Mi Roaming ketika di Taiwan silam. Saya menghabiskan total USD 8 selama di Taiwan atau dikisaran IDR 90.000 (USD 1 = IDR 15000). Jelas lebih murah dibanding mengaktifkan roaming dari kartu IM3 saya, IDR 149.000 perhari maupun membeli kartu Telkomsel Telin IDR 340.000.

Namun dilain sisi saya jadi kesulitan mengaktifkan layanan You Bike dengan Easy card. Ini saya selesaikan dengan meminjam nomor lokal dari Pak Darian yang membeli kartu Telin. Trus apa hubungannya nomor lokal Taiwan dengan Easy Card dan You Bike? Entar saya ceritain, tungguin aja.

Salam
Estu yg lagi memeng setup server dari hape.

Iklan

2 tanggapan untuk “Mi Roaming, Solusi Hemat Paket Data Internasional

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.