Thinkpad X230 i7 Layar FHD

Awal Cerita

Akhirnya, kesampaian punya x230 spek ajaib. Setelah sebelumnya sempet dpt yg g enak.

Ya modif ganti layar FHD ini akhirnya kesampaian. Saya membeli mod kit FHD dari nitrocaster ditambah tipe layar FHD rekomendasi dari nitrocaster.

Kemaren saya sempat membeli kit 2 buah, 1 dipake, 1 lagi buat cadangan. Tapi akhirnya 1 lagi saya lepas ke kawan di grup telegram. Kit ini saya beli pertengahan Juli 2019 silam seharga USD110. Satu bulan kemudian kit saya terima via pak pos.

Untuk layar, saya membeli tipe yang dianjurkan oleh Nitrocaster. LP125WF4 SPB1 LP125WF4-SPB1 (SP)(B1) dari Lapak win0win store di Aliexpress. Layar saya beli akhir agustus 2019 seharga USD60. Dan saya terima akhir september 2019.

Tantangan selanjutnya adalah mencari tempat untuk merakit kit ini. Saya sempet mampir ke Bengkelnya Mbah Iman, namun saat itu belum mujur, jadi proses merakit kitnya belum dapat dilakukan.

Baru kemaren, dengan tak sengaja berkirim pesan ke Mbah Iman. apakah punya waktu untuk nyolder? Jumat sore dibales. “Ke bengkel aja, tukang soldernya baru senggang, ntar abis magrib orange otw bengkel”.

Jam 7 malam saya melipir ke Fix Repair Mbah Iman dengan membawa bahan-bahan rakitan. Baru pukul 9 malam tamu yang ditunggu sampai. Kita runding-runding tentang rencana nyolder, mau ngapain, urutannya mana, dan pritilan lainnya.

Pukul 10 malam, perkerjaan dimulai. Kita menggarap layar dulu, sembari menunggu meja kerja yang masih digunakan kerjaan lain.

Bongkar-bongkar, lepas baterai, keyboard, palm rest, kabel antena dan terakhir keyboard bezel.

Manual:

Memasang Panel ke Layar X230

Kemudian melepas layar. Copot lcd screen dari laptop dan mencoba layar baru. Di step ini, dilakukan beberapa perubahan pada bezel dan casing layar.

  1. Memotong jalur kabel tak jauh dari engsel layar. Dibagian ini, motongnya harus teliti, pastikan tidak ada serpihan yang nyasar. Sempat digerinda juga. Tenyata plastik layar bercampur logam. Jadi ya… Kemudian testing-testing. Panel bisa dibaut ke casing layar. Memasang kabel panel dari kit nitrocaster. Kabel ini lebih panjang dari kabel bawaan Thinkpad.
  2. Memotong plastik bezel luar. dan pasang ke layar.

Hasil akhir layar terpasang cukup rapi. Minus, screen layar belum kita lepas. Nanti saja.

Menyolder Kit ke Papan X230

Bagian solder ini lumayan waw lah. Sebelumnya sempat menghapalkan step dari manual kit. Kemudian menonton ulang video yutub dari Louis Rossmann. Kita mulai nyoder pukul setengah duabelas malam.

  1. Pertama, mencari lokasi solder. Jadinya plastik cover hitam itu kita angkat sebagian. Setelah lokasi ditemukan, baru plastik kita potong. Ada 3 tempat yang kita potong.
  2. Menyolder bagian wise kabel (2 titik pertama). Solder dibagian bawah kapasitor ketiga dari kanan. Kabelnya halus. Jadinya sempet beberapa kali soder ulang. Kabel halus ini bawaan dari kit nitrocaster. Jangan lupa membersihkan pastik pelindung kabel.
  3. Menyolder kit ke papan. Proses ini hampir 1 jam. Mengingat ternyata titik yang disolder memang kecil sekali. Halus. Ada 7 titik yang disolder.
  4. Menyolder titik docking ke kit. Ini untuk by-pass pengaktifan docking. Ada 3 titik yang disolder.
  5. Memasang kabel layar dari slot papan ke kit.

Ujicoba Layar

Pukul satu dini hari. Setelah bagian yang disolder cukup dingin, kita lakukan test. Kaitkan layar ke engsel tanpa dibaut. Sambungkan kabel dari layar ke kit. Colok keyboard. Masukkan baterai. Dan power up. Yaps. OS terloading dengan baik. Bisa login. Senyum lebar. Matikan laptop.

Merapikan Pemasangan

Setelah dimatikan, copot baterai dan keyboard. Layar dan panel kita lepas ulang. Kemudian melepas plastik pelindung panel. Lanjut memasang baut panel ke layar.

Layar siap dipasang kembali ke laptop. Pasang baut engsel 4 buah. Membenarkan jalur kabel. Pasang bezel keyboard. Oh iya sebelumnya di bezel keyboard, ada 2 bagian yang kita potong untuk jalur kabel lcd dan kabel kit. Pasang kabel antena. Pasang kabel keyboard dan palmrest. Lanjut memasang baut keseluruhan laptop.

Hasil Akhir

Setelah selesai dirakit, saya hidupkan laptop dan menjalankan openSUSE Tumbleweed. Tampilan menu masih belum jalan baik. Karena layar FHD yang terpasang terbaca sebagai layar tambahan via docking. Saya mengatur ini via pintasan FN+F7+Tab (enter) beberapa kali hingga layar muncul tampilan menu bar KDE. Untuk menu brightness sudah berjalan normal tanpa ada pengaturan tambahan. Yang masih belum dicoba adalah menyambungkan laptop ke layar LCD/TV/Proyektor. Besok Senin saya coba di kantor.

Yak cukup. Sudah pukul set 3 pagi. Nanggung, sekalian nunggu shubuh.. Tidur di sofa bengkel. Sedang Pak Sigit, heker solder masih melanjutkan nyolder papan iphone dengan bantuan kamera mikroskop yang ditampilkan ke layar LCD Komputer.

Setelah azan shubuh, baru balik ke kostan. Itu saja catatan kali ini. Buat yang mau masang mod kit serupa. Silahkan diorder kit dan layar. Kalo belum nemu tempat nyolder di Ibukota, bisa saya sambungkan ke heker solder.

Estu~

9 tanggapan untuk “Thinkpad X230 i7 Layar FHD

  1. Ada rekomendasi tempat service thinkpad x230 gan? X230 saya kemarin error. Mesinnya bisa nyala tapi LCD ga bisa nyala. Udah dicoba pake monitor external bisa keluar gambar. Barangkali ada tempat service yg recommended. Thx..

      1. Saya di surabaya, kemarin sempat dicek tukang service sini katanya kena di ic power control lcd dan tukang nya kayanya ga bisa. Barangkali ada tempat service yg recommended mungkin laptop nya bisa saya kirim. Thanks sebelumnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.