Workshop openSUSE Asia Summit 2016

devops1

Di openSUSE. Asia Summit 2016 ini saya kebagian ngisi workshop bersama dua bapak keren. Pak Utian Ayuba dan Pak Ben Chou.

Materi saya sih tentang Elasticsearch, Logstash, Kibana(ELK) Stack. Saya akan dongeng bagaimana memanajemen logs dari puluhan server kemudian dipusatkan pada satu server untuk ditelaah semua lognya. Log yang sudah disatukan akan ditampilkan oleh dashboard Kibana. Dashboard Kibana ini diakses melalui peramban. Kemudian log yang udah ditampilkan tinggal dilakukan pencarian text untuk menemukan apa yang kita cari. Pencarian text ini akan sangat cepat sekali prosesnya akibat menggunakan Elasticsearch sebagae mesin pencariannya. Nah kira-kira gitulah.

workshop

Yuklah daftar.

Dah gitu aja.

Estu

Advertisements

One thought on “Workshop openSUSE Asia Summit 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.