SeGO KSL Kusuka di SD Trowono I

Sekolah Go Opensource adalah program yang digagas oleh KSL Kusuka (Kelompok Studi Linux Kampus UIN Sunan Kalijaga). Program ini bertujuan mensosialisasikan Linux dan Opensource di Sekolah-sekolah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sekolah pertama yang menawarkan diri ikut dalam SeGO adalah SD I Trowono. Salah satu sekolah yang ada di Kecamatan Saptosari Gunungkidul ini merupakan sekolah yang mendapatkan bantuan lab dengan sistem operasi Linux OpenSuse Edu. Kenyataan yang ada, sumber daya manusia untuk mengoprasikan Lab masih sangat minim. Hal ini lah yang mendasari permintaan dari pihak SD untuk diadakan Pelatihan Linux dan LibreOffice.

A: “Koq bisa masing-masing pihak bisa kenal?”
B: “Oo, jadi sebelum ada SeGO, pernah ada pelatihan pengenalan Linux di sekolah itu awal Agustus kemaren yang di kerjakan oleh mas-mas kkn UIN dari kelompok Jetis I dan Jetis II bekerja sama dengan KSL KUSUKA dan Gerakan JGOS. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya”.
A: “00”

Ini berita tentang Pengenalan Opensource di SD Trowono I

Bentuk kegiatan SeGO di SD Trowono I adalah pelatihan penggunaan Linux dan LibreOffice selama 22 pertemuan. Target yang ingin dicapai semua guru dan pegawai mampu menggunakan komputer lab, mampu membuat materi ajar menggunakan LibreOffice, mampu mempresentasikan materi ajar kepada siswa menggunakan LibreOffice. Semoga target ini mampu tercapai.

MoU telah ditandatangani. Program ini akan mulai berjalan akhir bulan Sepetember 2012.
Alhamdulillah, Semoga gerakan ini bisa terus merambah ke sekolah-sekolah lainnya.

*Bagi yang ingin mengunduh bentuk proposal kerjasama, silahkan klik pranala
Proposal SeGO SD Trowono I😀

Regard
Tuan Pembual