Liputan Workshop 1 day GNOME.Asia Summit 2015

IMG_5135
Hari pertama acara GNOME.Asia Summit 2015 adalah workshop 1 hari yang diselenggarakan di Auditorium Fasilkom Universitas Indonesia. Acara ini memboyong lebih dari 50 peserta termasuk beberapa pembicara utama(untuk esok hari) yang telah tiba di Depok.

Diantara pemateri workshop ini adalah Pak Andika Triwidada membawakan Translasi Bahasa Indonesia dalam proyek GNOME. Harapan yang ingin dicapai adalah bertambahnya kontributor translasi bahasa Indonesia di proyek GNOME.

Pemateri kedua adalah Akshai M dengan judul MicroHOPE (Micro-controllers for Hobby Projects and Education). Microhope adalah sejenis smallboard yang bisa diprograming sesuai kebutuhan namun biaya yang dibutuhkan sangat murah. David King membawakan materi “Writing your first GNOME application” setelah istirahat makan siang. David king menekankan bahwa membuat aplikasi di lingkungan GNOME sangat mudah diawali dengan aplikasi sederhana. Sesi ini peserta dipandu untuk praktek langsung (live coding men). Sesi terakhir dibawakan duet oleh Ekaterina Gerasimova dan Alexandre Franke “How to Make Your First Contribution”, tim duet ini menceritakan secara sederhana bagaimana ikut berkontribusi dalam proyek GNOME. Sesi terakhir ditutup dengan foto bersama. KEREN!!
IMG_5011
re_workshop_IMG_4890
IMG_4997

IMG_5018
re_workshop_IMG_5098
re_workshop_IMG_5107

Sampai bertemu di hari besok.

Estu